(+62 22) 456 789
febi@uinsgd.ac.id
08:00 - 16:00 WIB

UIN SGD Bandung Segera Miliki Digital Based Business Corner

Jurusan Manajemen Keuangan Syariah bers ama HMJ MKS sukses menyelenggarakan Kuliah Umum dan Workshop dengan tema Bisnis Digital di Era Milenial bersama Tokopedia pada Senin, 18 November 2019.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Fakultas Syariah dan Hukum Lantai 4 ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa jurusan MKS semester 1, 3, 5, sampai semester 7. Tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa MKS saja, kegiatan ini dihadiri juga oleh jurusan lain yang berada dalam naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yaitu jurusan Manajemen, Akuntansi Syariah dan Ekonomi Syariah.

Hadir dalam acara tersebut, Prof. Dr. Mahmud, M.Si (Rektor UIN Bandung), Dr. H Dudang Gojali, M.Ag (Dekan FEBI), Dr. Deni Kamaludin Yusuf, M.Ag (Wakil Dekan 1 FEBI), Dr. H. Abdullah syafe’i, M.Ag (Wakil Dekan II), Dr. Muhammad Zaky, M.Si (Wakil Dekan III FEBI), H. Dadang Husen Sobana, M.Ag (Ketua Jurusan MKS) bersama segenap civitas akademika jurusan MKS UIN Bandung, Vidya Citra Paramadina dan Helmi Mubarak (Team Tokopedia), serta Nabil Muhammad Alawi (Ketua Umum HMJ MKS).

H. Dadang Husen Sobana, M.Ag selaku Ketua Jurusan MKS mengharapkan dengan adanya kuliah umum bersama Tokopedia ini dapat menumbuhkan minat berwirausaha di kalangan mahasiswa MKS, karena sebelumnya HMJ MKS pun sudah menerapkan KAKUJU (Kapaksa Kudu Jualan) yang di laksanakan 2 minggu sebelum PAKSA (Pelatihan Kepemimpinan Mahassiswa) agar mahasiswa mau berwirausaha, namun masih banyak mahasiswa yang masih malas untuk memulai, karena tidak adanya tempat beriwirausaha maupun modal yang mumpuni, diharapkan dengan diadakannya kuliah umum ini mahasiswa tidak memiliki alasan untuk berdiam diri melewatkan banyak kesempatan untuk menjadi pengusaha di usia muda.

Di tahun ke-10 Tokopedia ini, Vidya Citra Paramida selaku perwakilan dari Tokopedia mengatakan bahwa “Tokopedia ingin memfokuskan untuk mendorong dan mengedukasi UMKM-UMKM lokal agar dapat bersaing di era digital sekarang ini. Selain itu, tokopedia berusaha hadir untuk memfasilitasi kerjasama kami dengan universtas-universitas diantaranya melalui program Tokopedia Corner dan Tokopedia Youth yang mana kedua program ini berusaha kami sinergikan agar dapat mendorong generasi muda khususnya mahasiswa UIN Bandung untuk dapat mempersiapkan mental kita di industri 4.0.”

Dekan FEBI, Dr. H Dudang Gojali, M.Ag mengaku bahwa tujuan dari acara ini yaitu untuk mendorong kapasitas pengetahuan, kapasitas kreatifitas, kewirausahaan mahasiswa yang ada di lingkungan FEBI khususnya jurusan MKS. Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan output dari mahasiswa FEBI adalah menjadikan mahasiswa FEBI yang mempunyai kreatifitas tinggi pada penggerak ekonomi bawah, menengah dan tentu saja ke atas.

Kedatangan Prof. Dr. Mahmud, M.Si  selaku Rektor UIN Bandung juga merupakan salah satu momen yang membanggakan, beliau berharap setelah acara ini digelar, terdapat program-program baru yang bekerjasama dengan tokopedia baik berupa kuliah umum ataupun kuliah-kuliah lainnya yang diberikan oleh aktivis Tokopedia dari UIN Bandung yang memberikan kuliah dengan tema Bisnis Digial di Era Milenial berbasis Syariah karena ini menjadi wilayah kajian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Dalam kuliah umum yang dimulai dari pukul 09.00 WIB-15.00 WIB ini dibagi menjadi dua sesi, sesi yang pertama merupakan kuliah umum bersama Tokopedia yang di hadiri oleh seluruh mahasiswa/i MKS dan yang kedua merupakan workshop yang dihadiri oleh orang-orang yang terpilih di tiap kelasnya dan diutamakan yang sudah memiliki bisnis offline maupun online sebelumnya. Dalam workshop, pihak Tokopedia memberikan tips dan trick bagaimana memasarkan produk agar lebih menarik di pasaran. Selain itu juga, tidak hanya diberikan pengarahan pada saat acara, peserta pun tetap diawasi oleh pihak Tokopedia agar menjadi bisnis yang berkelanjutan dan memberikan manfaat.

Semoga setelah diselenggarakan Kuliah Umum dan Workshop Bisnis Digital di Era Milenial bersama Tokopedia ini mahasiswa lebih bersemangat untuk berperan aktif untuk menjadi bagian yang memanfaatkan peluang-peluang bisnis di era milenial berbasis digital ini. 

Sumber, Portal MKS 19 November 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *