ArabicEnglishIndonesian

Sarjana Manajemen (S1)

Program Studi (Prodi) Manajemen menghasilkan lulusan untuk menjadi manajer professional dan wirausahawan, namun tidak menutup peluang untuk berprofesi menjadi akademisi, ilmuwan dan peneliti. Proses pembelajaran di Prodi Manajemen sarat dengan muatan teknologi sehingga mahasiswa memiliki bekal yang cukup untuk beradaptasi dengan dunia kerja yang berorientasi dengan Industri 4.0. Dari keempat peminatan yang ada di program studi ini, yaitu Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Operasi, semuanya mengintegrasikan materi SAP-ERP (System Analysis and Program Development-Enterprise Resource Planning) ke dalam mata kuliah-mata kuliah yang ada. Sertifikasi kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi dan lembaga sertifikasi internasional yang diberikan sebelum mahasiswa menyelesaikan perkuliahan akan memberikan nilai lebih bagi lulusan sehingga  mereka benar-benar memiliki kompetensi dan kemampuan diatas  standar.

Untuk merespon tuntutan mobilitas tenaga kerja dalam dunia internasional, Prodi Manajemen sangat mendorong mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang memerlukan interaksi dengan dunia internasional. Beberapa aktivitas yang dapat diikuti mahasiswa terkait dengan aktivitas dunia internasional ini diantaranya adalah berpartisipasi dalam konferensi internasional, kompetisi internasional, magang di perusahaan luar negeri, pertukaran mahasiswa, dual degree dan double degree.

Beberapa universitas ternama dan telah menjadi mitra tujuan utama mahasiswa Prodi Manajemen untuk melakukan dual degree,  double degree, dan student exchange antara lain adalah Saxion University of Applied Sciences (the Netherlands), University of Queensland (Australia), Soldbridge International School of Business (South Korea), Nanjing Xiaozhuang University (China),  University Putra Malaysia, Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), dan Anadolu University (Turki).

Prodi Manajemen UII mempunyai target lulusan yang dirancang untuk berkarier menjadi akademisi, manajer lini pertama, dan wirausahawan (entrepreneur). Untuk mencapai profil lulusan tersebut telah disiapkan baik mata kuliah yang sesuai dengan profil lulusan juga didukung dengan tugas akhir seperti skripsi untuk akademisi, magang untuk calon manajer lini pertama dan rancang bangun bisnis untuk wirausahawan.

Perkiraan biaya studi untuk program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) pada Penerimaan Mahasiswa Baru UIN SGD Tahun Akademik 2022/2023 dapat dilihat di bawah ini:

Tabel Perkiraan Biaya Studi (PDF)

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya pendidikan dengan catatan sebagai berikut:

  1. Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma terendah pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN SGD untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui lima pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Seleksi Berbasis Rapor (Siber), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA), Penelusuran Pemimpin Muda (PPM), PMB Bersama.

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN SGD dapat dilihat di situs web

Situs web Program Studi Manajemen, klik di sini.